Jumat, 29 Agustus 2014

PENYEBAB SISWA SMANEKA YANG SERING TERLAMBAT DATANG KE SEKOLAH





Oleh kelompok 4 :
·         Adhitya R D N
·         Ghalih Gusty W
·         Ivo Disa Putri
·         Marta Setyorini
·         Novia Herdiandini
·         Wita Aprilia B

SMA NEGERI 1 KEPANJEN
Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 48 Telp. (0341) 395122
Kecamatan Kepanjen Kode Pos : 65163
LATAR BELAKANG
       Adanya fakta di SMA Negeri 1 Kepanjen tentang banyaknya siswa yang sering terlambat datang ke sekolah, membuat kami ingin mengetahui alasan sebenarnya yang membuat siswa sering sekali terlambat. Secara umum penyebab biasanya seorang siswa terlambat adalah karena bangun terlalu siang. Namun frekuensi keterlambatan seorang siswa sangat tinggi, membuat kami berfikir, apa alasan pribadi siswa tersebut sehingga membuat siswa tersebut selalu terlambat.
       Karena jika siswa terlalu sering terlambat datang ke sekolah waktu jam belajar di sekolah akan terpotong, atau tertinggal pelajaran. Sehingga akan mempengaruhi proses belajar siswa dan nilainya di sekolah. Karena siswa yang terlambat akan sulit menerima pelajaran dengan baik.
RUMUSAN MASALAH
·         Apa alasan siswa datang terlambat ?
·         Apa harapan pihak sekolah terhadap siswa yang terlambat ?
·         Apa upaya yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut ?
TUJUAN
Mencari solusi bagi siswa yang sering terlambat datang ke sekolah agar bisa mengubah kebiasaanya yang negatif. Sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan dan membuat proses belajar di sekolah tidak terhambat. Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas sekolah melalui pembinaan karakter menjadi siswa yang disiplin datang ke sekolah tepat waktu.
 MANFAAT
Dengan adanya penelitian ini kami dapat mengetahui frekuensi siswa yang sering terlambat dan membantu guru tatib untuk meningkatkan dan memberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang sering datang terlambat. Akhirnya siswa yang sering datang terlambat termotivasi untuk datang lebih awal atau tepat waktu.
METODE
Untuk melakukan penelitian ini kami menggunakan metode survei. Dengan memberikan kuesioner atau angket kepada beberapa siswa yang diketahui sering datang terlambat. Sehingga kami dapat mengetahui alasan pribadi  siswa tersebut. Kemudian dapat memecahkan masalah siswa yang sering datang terlambat.

1 komentar: