Jumat, 29 Agustus 2014

contoh soal dan jawaban teks dialog yang menggambarkan negosiasi

1)    Buatlah teks dialog yang menggambarkan negosiasi antara seorang pengusaha kain dan pihak bank perbankan. Untuk mengembangkan usahanya pengusaha mengajukan kredit kepada bank sebesar Rp 200.000.000,-. Ia menemui kepala kredit untuk bernegosiasi. Tetapi pengajuan kreditnya hanya disetujui Rp 50.000.000,-
Jawab :

Negosiasi antara Pengusaha dan Pihak Bank
Pengusaha : Selamat pagi, Pak.
Pihak bank : Selamat pagi, mai silahkan duduk
Pengusaha : Iya, terima kasih.
Pihak bank : Ada yang bisa saya bantu?
Pengusaha :Saya mau mengembangkan usaha saya. Oleh karena itu saya ingin mengajukan  kredit sekitar Rp 200.000.000,-
Pihak bank :Usaha apa yang sedang Bapak jalankan?
Pengusaha :Ekspor kain tenun tradisional
Pihak bank :Rp 200.000.000,- terlalu banyak pak. Bagaimana kalau Rp 100.000.000,- saja?
Pengusaha :waduh pak kalau Rp 100.000.000,- tidak cukup
Pihak bank :Bagaimana kalau Rp 150.000.000,- saja?
Pengusaha :saya setuju pak
Pihak bank : Baiklah setelah ini saya akan mengirim ke rekening bapak
Pengusaha : Ini no rekening saya
Pihak bank : saya akan segera mengirim ke rekening bapak
Pengusaha : Terima kasih atas kerja samanya
Pihak bank : sama – sama (bersalaman)



3)    Susunlah kembali teks tersebut dengan menceritakanya kembali dalam bentuk prosa monolog bukan dialog.
Jawab :

Negosiasi antara Pengusaha dan Pihak Bank

          Pada suatu hari, ada seorang pengusaha sarung tenun tradisional pergi ke bank untuk meminjam uang. Yang nantinya uang tersebut akan digunakan untuk mambangun usahnya. Setelah dia bertemu dengan pihak bank, dia mengungkapkan keinginanya untuk membangun usaha dan meminjam uang sebesar Rp 200.000.000,-. Tetapi pihak bank menolak keinginan pengusaha dan terjadilah proses negosiasi. Tidak berapa lama setelah itu, mereka sepakat dengan meminjamkan uang kepada pengusaha sebesar Rp 150.000.000,-. Setelah itu pihak bank mengirimkan uang ke rekening pengusaha. Dan pengusaha mengucapkan terima kasih kepada pihak bank. Dan pihak bank juga membalas ucapanya dan tidak lupa mengulurkan tangan untuk bersalaman sebagai tanda mereka telah sepakat akan hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar