Jumat, 29 Agustus 2014

Contoh Soal dan Jawaban Teks Negosiasi Kesalah Pahaman


1)    Teks yang berjudul “Kesalahpahaman” berikut ini adalah teks negosiasi. Bacalah teks ini berulang – ulang, kemudian jelaskan apa yang terjadi!
Jawab :
Resepsionis dan manager hotel telah salah orang dalam menrik tagihan karena ada dua orang yang bernama David

2)    Pada teks ke berapakah David diizinkan untuk bertemu manager hotel? Mengapa semula David tidak diizinkan bertemu manager itu?
Jawab :
Pada tuturan ke-9. Karena resepsionis mempunayi bukti berupa tanda tangan David

3)    Jika kalian menjadi David, apakah kalian akan marah? Apa yang akan kalian lakukan?
Jawab :
Ya, pasti akan melakukan hal yang sama dengan David

4)    Perhatikan dengan teliti pasangan tuturan berikut ini, kemudian tentukan apakah pasangan itu:
a)     Menyuruh – memenuhi suruhan
b)    Meminta – menolak permintaan
c)     Memberi informasi – menerima informasi
d)    Mengancam – menolak ancaman
e)     Mengancam – menerima ancaman
David          : ... saya berbicara dengan manager.
Resepsionis : Maaf, Bapak. Manager sedang sibuk.
Jawab :
b) meminta – menolak permintaan 

5)    Susunlah kembali teks tersebut dengan menceritakanya kembali dalam bentuk monolog. Mulailah cerita kalian dengan pembukaan dan akhirilah dengan penutup sebagaimana contoh di bawah ini.
Jawab :

Kesalahpahaman

Pada suatu malam, David dan istrinya menginap di sebuah hotel. Karena restoran di hote tersebut sedah penuh, mereka tidak makan malam di restoran itu. Merekapun makan di restoran seberang hotel. Tetapi David dan istrinya mendapat tagihan dari pihak restoran karena telah makan di restoran tempat mereka menginap malam itu. Karena David dan istrinya tidak merasa makan di restoran itu, maka David menelpon resepsionis hotel dan ingin bertemu dengan manager hotel untuk membicarakan keluhanya itu. Tetapi resepsionis menolak permintaan David dengan alasan, manager hotel sedang sibuk dan tidak bisa diganggu. Namun David tetap bersikeras ingin bertemu manager hotel. Tidak lama setelah itu resepsionis mengabulkan permintaan David. Saat bertemu dengan manager hotel, David dan istrinya mengungkapkan keluhan mereka jika David dan istrinya tidak makan di restoran itu tapi mereka mendapat tagihan dari pihak restoran. Kemudian manager mengecek dan menemukan bukti  yang menunjukan jika malam itu David dan istrinya makan malam di restoran itu. Karena David masih tidak terima dengan alasan itu, lalu manager mengecek kambali dengan teliti. Ternyata manager salah orang, karena pada malam itu ada dua orang yang bernama David. Akhirnya manager hotel itu meminta maaf kepada David. Tentu saja, David dan istrinya memaafkanya.

3 komentar:

  1. Terimakasih blog nya sangat membantu bagi aku :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih blog nya sangat membantu :)

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat, trims
    ardoyledot.blogspot.co.id

    BalasHapus