Jumat, 29 Agustus 2014

Contoh Soal dan Jawaban Teks Negosiasi Berbentuk Dialog

1)    Buatlah teks negosiasi dalm bentuk dialog yangberisi pemecahan konflik yang terjadi antara pedagang di pasar kota dan pengelola pasar tersebut. Pedagang diwakili oleh ketua peguyuban pedagang yang ada di luar pasar tersebut, sedangkan pengelola pasar diwakili oleh pemimpin pasar sendiri.
Jawab :

Pemimpin Pasar   : Permisi, Bu
Ketua Peguyuban : Iya Pak, ada apa?
Pemimpin Pasar   : Maaf Bu, Sebaiknya Ibu jangan berdagang di sini, kasihan pengendara yang lewat di sini disamping itu jalan ini juga terlalu sempit
Ketua Peguyuban : Wah Pak, kenapa begitu? Saya sudah beberapa minggu di sini.
Pemimpin Pasar   : Bukanya begitu, kita di sini berusaha untuk menjaga keamanan dan keselamatan para penjual dan pembeli. Saya tidak melarang Ibu berjualan di sini, tapi Ibu bisa pindah ke tempat lain
Ketua Peguyuban : Tapi kalau saya pindah pelanggan saya bagaimana?
Pemimpin Pasar   : pasti ketemu, Ibu tolong kemasi barang – barang ibu, sekarang saya sudah siapkan tempat untuk ibu berjualan
Ketua Peguyuban : oke lah pak
Pemimpin Pasar   : terima kasih bu
Ketua Peguyuban : sama - sama

2)    Buatlah teks dialog mengenai ketua OSIS yang mengajukan usulan kepada kepala sekolah untuk mendirikan koperasi seolah oleh siswa sendiri. Kedua belah pihak bertemu dan melakukan negosiasi
Jawab :

Ketua OSIS : Selamat pagi, Pak
Kepsek        : Selamat pagi, ada apa ya?
Ketua OSIS : saya ingin mengusulkan program untuk sekolah
Kepsek        : program apa ya?
Ketua OSIS : program untuk mendirikan koperasi yang dikelola oleh siswa sendiri. Karena dengan begitulah siswa dilatih survive dan berjiwa leadrship
Kepsek        : tapi saya tidak yakin dengan hal ini
Ketua OSIS :percayalah pak, kami bisa menjalankanya
Kepsek        :baiklah, bapak akan mengadakan rapat terlebih dahulu
Ketua OSIS : tarima kasih pak

Kepsek        : sama - sama

1 komentar: