Rabu, 21 September 2016

Essay Tugas Online PKKMABA Universitas Brawijaya 2016

Oh iya sebelumnya saya minta maaf kalo soal penugasannya ngga sama persis tapi inti dari soalnya begitu. Maklumlah lupa udah hampir 3 minggu yang lalu penugasanya. Saya posting ini cuma sekedar sharing aja semoga bermanfaat. Selamat Membaca!


Essay Tugas Online PKKMABA Universitas Brawijaya 2016


1.       Bagaimana fungsi dan peran mahasiswa yang anda ketahui?
Fungsi dari mahasiswa menurut saya sebagai penyalur aspirasi masyarakat,  menjadi melopor dalam kebaikan dan perubahan yang lebih baik bagi masyarakat di sekitar dan bangsanya, juga memiliki budi luhur dan membawa manfaat bagi masyarakat sehingga dapat berkontribusi untuk memajukan bangsa, dan menjadikan bangsa menjadi bermoral dan menjaga nilai - nilai luhur yang ada

2.       Apakah harapan anda untuk Indonesia tepatnya pada hari ke 100 kemerdekaan Indonesia? Dan hal apa saja yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan harapan itu mulai saat ini?
Saya berharap agar Negara Indonesia menjadi negara yang bersih dari korupsi. Untuk mewujudkanya harus menanamkan pendidikan dan perilaku yang baik sejak dini/sekarang. Dimulai dari hal - hal yang kecil seperti
- selalu berkata dan bersikap jujur
-berfikir panjang, matang, dan bijaksana dalam mengambil keputusan
-mendahulukan kepentingan bangsa dan negara
-rajin, ulet, dan bekerja keras
-disiplin dan bertanggung jawab

3.       Rencana bisnis apa yang ingin anda ambil untuk membuka usaha sendiri atau bahkan untuk membuka lapangan pekerjaan yang juga berguna bagi orang lain?
Pada era sekarang banyak kita jumpai makanan siap saji di restoran, cafe, toko - toko, dan media sosial. Namun jika makanan itu dimakan secara berlebihan dan terlalu rutin dapat membahayakan kesehatan dalam jangaka waktu yang lama bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah hal itu terjadi kita dapat membuat makanan sendiri yang alami, sehat, tanpa 3P (pengawet, penyedap, pemanis).
Salad buah contohnya bahan yang sangat mudah kita temukan dan harga yang terjangkau. Salad buah memiliki banyak manfaat seperti menyehatkan tubuh, melancarkan proses pencernaan, membantu proses diet, dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, dan juga nilai ekonomis. Pasti banyak sekali orang yang membeli karena jarang sekali atau hampir tidak ada orang yang menjual salad buah tanpa 3P.
Dengan kesempatan itu kita dapat menciptakan peluang dengan membuka kios - kios, memasarkan melalui media cetak/media elektronik/media sosial dan mungkin bisa membuka banyak cabang di satu kota, berbagai kota dan dalam negeri bahkan di luar negeri. Tanpa kita sadari kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang - orang yang tidak memiliki pekerjaan. dan juga mengurangi angka pengangguran di negara yang sedang berkembang ini.

4.       Bagaimana cara anda menyelesaikan masalah di tempat anda berasal sesuai dengan disiplin ilmu yang anda pelajari di jurusan anda?
Nama saya Novia Herdiandini mahasiswa baru di fakultas ilmu komputer prodi teknologi informasi tahun ajaran 2016/2017. Saya berasal dari Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Di tempat asal saya tinggal memiliki kekayaan yang tiada tara seperti wisata bahari, wisata alam, kuliner, kerajinan dan budaya.
Apel dan bakso merupakan ikon Kota Malang, namun hanya segelintir orang yang mengetahui budaya asli Kota Malang yaitu bahasa balikan atau orang Malang biasa menyebutnya boso walikan. Boso walikan adalah pengucapan kata dengan cara membalik kata tersebut misalnya saya menjadi ayas, sehat menjadi tahes, semangat menjadi tamanges, dll.
Budaya boso walikan ini telah ada sejak jaman penjajahan oleh Belanda. Budaya ini sebagai sandi rahasia para pejuang di Kota Malang agar tidak diketahui oleh penjajah. Boso walikan ini juga digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari - hari hingga saat ini.
Banyak orang di tanah air yang mengucapkan kata menggunakan boso walikan namun tidak tahu darimana asalnya. Banyak pula dari mereka yang mengklaim boso walikan berasal dari daerah mereka. Oleh karena itu saya dapat memperkenalkan boso walikan adalah budaya asli Kota Malang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti menulis artikel di blog dan zetizen.com. Karena di era globalisasi ini internet dapat menyebar dimana saja secara cepat. Jadi setiap orang dapat mengetahui dari mana asal budaya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar