Rabu, 21 September 2016

Essay Tugas Offline PKKMABA FILKOM 2016 "Genggaman Harapan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer"

Essay Tugas Offline PKKMABA FILKOM 2016
Membuat essat tentang harapan saat menjadi mahasiswa FILKOM

Genggaman  Harapan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer

Era sekarang ini adalah era yang sangat canggih baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Kita dapat melihat belakangan ini di dalam negeri kita sering menjumpai anak kecil yang telah mampu mengoperasikan gadget. Bahkan sebagian besar dari mereka telah memiliki benda itu secara pribadi. Sedangkan di luar negeri kita sering menjumpai restoran atau pabrik yang tidak sedikit menggunakan robot sebagai tenaga kerja seperti di negara matahari terbit.

Sebagai mahasiswa yang hidup di era moderen ini saya merasa dituntut untuk mempelajari apapun yang berkaitan dengan teknologi mulai dari dasar sampai penerapanya. Saya berfikir dan bertekad harus bisa mengimbangi era serba teknologi ini. Oleh karena itu saya menjatuhkan pilihan kepada salah satu prodi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Dengan mengemban ilmu di Fakultas Ilmu Komputer ini saya bisa mengenal lebih mendalam tentang sesuatu yang disebut teknologi. Seperti mengetahui tentang apa itu jaringan, apa itu pemprograman, bagaimana cara menciptakanya, untuk apa sesuatu itu diciptakan, bagaimana penerapan untuk masyarakat dalam kehidupan sehari – hari dan lainya.

Kebanyakan orang menganggap mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Komputer adalah laki – laki dan tidak ada wanita yang ingin belajar di situ. Tapi mereka salah, karena banyak wanita yang mau mengemban ilmu di sana. Meskipun sebagian besar mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer adalah laki – laki, saya ingin menujukan dan membuktkan jika kaum kartini mampu untuk mempelajari apa yang biasanya hanya dipelajari oleh laki – laki atau sesuatu yang berhubungan dengan teknologi.

Mahasiswa identik dengan mata panda, kuli tinta, kuli kertas dan pastinya tugas kuliah yang tidak pernah berhenti mengalir. Maka untuk bisa mendapatkan jalan keluar dari itu semua adalah dengan memiliki kepribadian yang baik. Setiap mahasiswa harus memiliki tanggung jawab, percaya diri, kecendikiawan, keuletan, kebijaksanaan, kedisiplinan, kerja sama tim, kerja keras dan pantang menyerah. Dan saya pasti akan berusaha untuk menggenggam mereka. Kepribadian yang baik adalah kunci untuk meraih harapan.

Saya percaya setiap orang yang menginjakan kaki di Fakultas Ilmu Komputer ini menjadi orang yang berwawasan luas. Dengan semangat belajar yang tinggi dan juga fasilitas yang mendukung saya percaya pasti bisa mendapatkan lampu yang cerah di bidang teknologi. Dengan membuka buku di Fakultas ini saya berharap bisa memahami dan menerapkan teknologi untuk hal – hal yang positif. Selain harapan di akademik saya juga ingin memenuhi kebutuhan sosiologis. Seperti bisa memiliki teman, bisa memiliki sahabat, bisa memiliki keluarga baru di sini. Dan juga bisa berkomunikasi dengan mahasiswa lain melalui berorganisasi.

Mengikuti banyak organisasi tidak akan membuat tugas kuliah menjadi terbengkalai. Asalkan percaya pada diri sendiri dan mampu mengatur waktu untuk tugas dan organisasi. Dengan berorganisasi saya percaya akan banyak hal positif yang akan diperoleh. Seperti mendapatkan banyak pengalaman diantaranya mampu bekerja sama dengan tim, bijaksana dalam mengambil keputusan, berani mengeluarkan pendapat, menghargai pemikiran orang lain.


Semuanya akan sangat berguna untuk mempersiapkan pikiran dan mental agar kedepanya mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang lain terlebih di dunia nyata seperti di dunia pekerjaan. Karena dunia pekerjaan adalah ibarat meninggalkan zona nyaman dan menuju ketidak pastian. Dan yang utama yaitu menjadi penerus bangsa harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperbaiki kinerja tanah air yang masih dalam ruang lingkup negara yang sedang berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar