Selasa, 08 September 2015

Biografi Orang Tua "HERMIARSO AGUS LELONO : PERJALANAN HIDUP DARI JURNALISTIK KE STATISTIK"

HERMIARSO AGUS LELONO :  PERJALANAN HIDUP DARI JURNALISTIK KE STATISTIK
Terlahir sebagai anak pegawai negeri sipil pada tanggal 17 Agustus 1959 di Madiun, anak ke 5 dari 10 bersaudara pasangan almarhum Bapak R. Herning Soebeno dan almarhumah Ibu Hj. Ismijati ini sejak kecil berpindah-pindah tempat tinggal karena mengikuti pekerjaan sang ayah yang berpindah pindah. Dan pada akhirnya bertempat tinggal di Temanggung sampai menyelesaikan TK dan pindah ke Kabupaten Jepara sampai kelas 4 SD. Kemudian pindah ke Kabupaten Wonosobo dan berturut-turut menempuh pendidikan di SDN Longkrang II, SMPN I dan SMAN II.
Pendidikan S1 ditempuh di Fakultas Ilmu Administrasi, jurusan Administrasi Negara Universitas Brawijaya Malang. Sambil kuliah menekuni dunia jurnalistik, menulis artikel di berbagai surat kabar, diantaranya Suara Indonesia Malang, Surabaya Post dan Pelita Jakarta. Yang ketiganya sudah tidak terbit lagi. Tulisannya juga tersebar di Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, Malang Pos, dan Sinar Tani Bandung. Selain itu juga menjadi wartawan Surat Kabar Memorandum Surabaya.
Dunia jurnalistik banyak membantu disisi finansial untuk biaya kuliah dan kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, namanya banyak dikenal oleh sesama penulis artikel maupun dosen-dosen yang membaca tulisan-tulisannya. Termasuk beberapa cerpen yang dia tulis dan dimuat di surat kabar tersebut di atas.
Semasa kuliah juga sempat menjadi Pemimpin Redaksi Majalah DIANNS Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dan Ketua Unit Aktivitas Pers Kampus Universitas Brawijaya, sampai lulus Tahun 1986. Untuk nama majalah DIANNS, Hermiarso Agus Lelono mencarikan makna dari kepanjangannya. Akhirnya diketemukan sebagai “Dialog Administrasi dan Sekretaris.”
Kegiatan menulis di media massa menghantarkannya untuk mengikuti Diklat Jurnalistik Tingkat Nasional di Jakarta Tahun 1984. Bahkan di masa hampir selesai kuliah tahun 1985, masih sempat masuk Anggota Tim Peneliti Pengembangan Administrasi Pedesaan Universitas Brawijaya di berbagai daerah di Lampung selama 5 (lima) hari.
 Masih aktif menulis artikel dan cerpen,  Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer se Universitas Brawijaya Tahun 1985 ini sempat menjadi Editor Buku IPS di Tiga Serangkai Group, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Tahun 1993 mulai bekerja di Kantor Departemen Penerangan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Aktif menulis berita untuk disiarkan RKPD Kabupaten Banjarnegara pada acara Banjarnegara Gilar-gilar. Tahun 1996, ayah dari Febri Herdianita (Alumni Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun 2011), Feri Herdiana (Alumni Perencanaan Wilayah Perkotaan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Tahun 2012) dan Novia Herdiandini (Kelas XI IPA2 SMAN 1 Kepanjen) ini pindah ke Kantor Departemen Penerangan Kabupaten Malang.
Setelah sempat mengisi acara obrolan Warung Pecel Lele RKPD Kabupaten Malang, tahun 2001, Departemen Penerangan dibubarkan oleh Gus Dur dan melimpah kerja di Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. Mula-mula sebagai Koordinator Statistik Kecamatan Sumbermanjing Wetan, kemudian Kecamatan Kalipare, akhirnya berpindah sebagai Koordinator Statistik Kecamatan Turen, sampai sekarang. Tahun 2005 menempuh pendidikan S2 di Universitas Muhammadiyah Malang dengan memilih Magister Sosiologi. Lulus Terbaik tingkat Jurusan Magister Sosiologi Tahun 2007.
Selama bekerja di Badan  Pusat Statistik Kabupaten Malang, beberapa kegiatan Sensus telah diikuti, diantaranya P4B (2003), Sensus Pertanian (2003, 2013)), Sensus Ekonomi (2006) dan Sensus Penduduk (2010). Selain bertugas sebagai Instruktur Daerah (INDA) juga saat di lapangan sebagai Koordinator Lapangan (KORLAP).
Suami dari Dyah Ratnawati (Alumni D3 Kesekretariatan Universitas Brawijaya Tahun 1986)  ini, menekuni olahraga renang dan bersepeda santai. Beberapa kali sering ikut fun bike yang diselenggarakan di Kota Kepanjen dan Malang. Waktu senggangnya juga diisi dengan menyanyi diiringi elektone bersama group latihan rutin. Sehari-hari sebagai Statistisi Madya Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. Selain itu ide – ide kreatif selalu tertuang dalam suatu karya sastra bahkan sampai sekarang



Analisis Struktur Teks Biografi
  1. Orientasi
Lahir tanggal 17 Agustus 1959 di Madiun, anak ke 5 dari 10 bersaudara pasangan almarhum Bapak R. Herning Soebeno dan almarhumah Ibu Hj. Ismijati. Dyah Ratnawati yang menemaninya saat suka dan duka. Ayah dari Febri Herdianita, Feri Herdiana dan Novia Herdiandini ini sejak kecil berpindah-pindah tempat tinggal.
  1. Urutan Peristiwa
1.      Tinggal di Temanggung sampai menyelesaikan TK dan pindah ke Kabupaten Jepara sampai kelas 4 SD. Kemudian pindah ke Kabupaten Wonosobo dan berturut-turut menempuh pendidikan di SDN Longkrang II, SMPN I dan SMAN II Wonosobo.
2.      Pendidikan S1 ditempuh di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Sambil kuliah menekuni dunia jurnalistik, menulis artikel di berbagai surat kabar, diantaranya Suara Indonesia Malang, Surabaya Post dan Pelita Jakarta. Yang ketiganya sudah tidak terbit lagi. Tulisannya juga tersebar di Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, Malang Pos, dan Sinar Tani Bandung. Selain itu juga menjadi wartawan Surat Kabar Memorandum Surabaya.
3.      Semasa kuliah juga sempat menjadi Pemimpin Redaksi Majalah DIANSS Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dan Ketua Unit Aktivitas Pers Kampus Universitas Brawijaya, sampai lulus Tahun 1986. Masih aktif menulis artikel dan cerpen,  Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer se Universitas Brawijaya Tahun 1985 ini sempat menjadi Editor Buku IPS di Tiga Serangkai Group Jakarta Utara.
4.      Tahun 1993 mulai bekerja di Kantor Departemen Penerangan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Aktif menulis berita untuk disiarkan RKPD Kabupaten Banjarnegara pada acara Banjarnegara Gilar-gilar. Tahun 1996 pindah ke Kantor Departemen Penerangan Kabupaten Malang.
5.      Setelah sempat mengisi acara obrolan Warung Pecel Lele RKPD Kabupaten Malang, tahun 2001, Departemen Penerangan dibubarkan oleh Gus Dur dan melimpah kerja di Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. Tahun 2005 menempuh pendidikan S2 di Universitas Muhammadiyah Malang dengan memilih Magister Sosiologi. Lulus Terbaik tingkat Jurusan Magister Sosiologi Tahun 2007.
  1. Reorientasi
Mengatur waktu untuk kuliah dan bekerja bukanlah hal yang sangat mudah. Tetapi hal tersebut dapat dilakukanya dan mencerminkan sifat pekeja keras yang sangat mendarah daging dalam diri aktifis ini. Yang sehari-hari sebagai Statistisi Madya Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. Selain itu ide – ide kreatif selalu tertuang dalam suatu karya sastranya bahkan hingga saat ini.

Hal yang dapat dicontoh

1.      Bekerja keras
2.      Pantang menyerah
3.      Bertanggung jawab
4.      Disiplin
5.      Bijaksana
6.      Kreatif

7.      Sabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar