Rabu, 20 Mei 2015

TEKS ULASAN FILM “BEE MOVIE”

BEE MOVIE

Bee Movie adalah film animasi tahun 2007 yang dibintangi oleh Jerry Seinfeld, Renee Zellweger, Matthew Broderick, John Goodman, Chris Rock, Kathy Bates, Megan Mullally, Patrick Warbuton, Larry Miller, Michael Richards. Film ini diproduksi oleh Dreamworks pada tahun 2007dan disutradarai oleh Simon J Smith dan Steve hickner.

Film ini mengisahkan seekor lebah Barry (Jerry Seinfeld ) baru saja lulus dari pendidikannya . Namun Barry menolak untuk melanjutkan kariernya sebagai pembuat madu di perusahaan Honex,di New Hive City. Alih-alih bekerja, Barry ingin keluar dari sarangnya dan melihat dunia luar yang menurutnya lebih mengasyikan daripada mengumpulkan madu.

Saat berpetualang , Barry bertemu dengan pemilik took bunga yang cantik bernama Vannesa (Renee Zellweger ). Perlakuan Vannesa yang sangat baik dan bersahabat membuat  Barry ingin berterima kasih secara langsung . Ini membuat Barry melanggar aturan paling utama dalam dunia lebah yaitu berbicara dengan manusia.

Pertemuan itu pula yang mengungkap alas an di balik larangan berbicara dengan manusia. Selama berabad-abad ,manusia telah mencuri dan menikmati madu dari bangsanya . Barry kemudian menyadaribahwa dia harus melakukan sesuatu.

Dengan dukungan Vannesa, Barry melakukannya dengan cara menuntut produsen madu tersebut. Usaha Barry menghentikan eksploitasi terhadap bangsanya langsung mendapat sorotan media. Dan juga mendapat perhatian dari hakim-hakim di persidangan.

Meski sempat terpojok oleh rekayasa pengacara licik Layton T Montgomery ( Joh Goodman ), Barry akhirnya memenangkan gugatan tersebut. Pengadilan memutuskan madu tidak boleh sembarangan dikonsumsi manusia dan semua produk madu di seluruh dunia ditarik dan dikembalikan kepada lebah.

Namun keberhasilan Barry malah berdampak negatif bagi bunga dan manusia, begitupun dengan usaha Vanessa.

Bee movie layak mendapat kan nilai 9 karena film ini begitu sederhana tetapi sarat dengan pesan – pesan yang tersirat maupun tersurat . seperti ketika Vanessa menyelamatkan Barry dari hantaman sepatu musim dingin milik Ken suaminya, hal ini mengajarkan bahwa seekor lebah pun mempunyai hak untuk hidup.

Kualitas gambar bee movie rasanya tidak begitu mengecewakan tetapi belium mendekati sempurna. Ekspresi wajah tokoh – tokoh yang ada tidak terlalu kaku. Untuk voice actingnya rasanya tidak ada masalah yang terlalu menonjol. Renee Zellweger sangat apik dalam membawakan karakter Vanessa meskipun ada sedikit intonasi yang kurang cocok dengan mimik wajah Vanessa. Sedangkan untuk Jerry Seinfeld dia berhasil menghidupkan karakter Barry dengan manis.

Film ini berhasil menghidupkan kisah para lebah pekerja dalam suatu animasi yang lucu dan santai, cocok untuk ditonton oleh semua umur.


Oleh :
Felix Angestine (14)
Icha Rizky (17)
XI MIA 2
SMAN 1 Kepanjen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar