Jumat, 21 Oktober 2016

Profesi di Masa Depan yang Berkaitan dengan Teknologi Informasi "Produser Televis"

Pengantar Ilmu Komputer
Profesi Masa Depan Sebagai Produser Televisi


Mempelajari ilmu teknologi informasi sangat bermanfaat bagi kehidupan terlebih untuk di masa yang akan datang. Kerena zaman sekarang merupakan era yang serba canggih atau modern. Kita dituntut untuk mampu memahami dan juga bersaing dengan orang – orang modern di seluruh dunia. Untuk kedepanya saya ingin mengabdikan hidup saya dalam salah satu pekerjaan yang masih erat kaitanya dengan jurnalistik dan teknologi informasi yaitu sebagai produser televisi. Saya tertarik dalam bidang jurnalistik karena dapat menambah wawasan juga berbagi informasi kepada orang lain dan teknologi informasi lebih menekankan pada ilmu terapanya atau penerapan tentang teknologi dalam kehidupan. Produser televisi memiliki tugas yang sangat berat seperti menemukan gagasan atau ide, melakukan perencanaan produksi, melaksanakan pra produksi, menjalankan produksi, dan yang terakhir mengerjakan paska produksi.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh produser adalah menemukan gagasan atau ide. Ide dapat diperoleh melalui siapapun bisa dari programing atau bahkan tim kreatif. Lalu ide tersebut akan diolah dan dikembangkan secara mendalam oleh tim produksi. Produser akan terlibat diskusi dengan tim kreatif karena produser akan memaparkan secara rinci tentang konsep yang diberikan oleh tim kreatif. Produser dan tim kreatif berada di dalam tim produksi. Namun hanya produser yang lebih tahu bagaimana menangani gagasan itu sesuai dengan banyaknya crew yang dimiliki stasiun televisi dan tentunya biaya yang akan dikeluarkan selama pra produksi, produksi dan paska produksi yang sesuai dengan anggaran yang diberikan oleh badan keuangan.
            Setelah ide masuk ke dalam rundown acara maka produser akan menjalankan perencanaan produksi. Dalam hal ini produser tidak membuat crew produksi tapi menyusun crew yang orang – orangnya diminta atau diberikan oleh tim supporting. Karena televisi telah memasukan crew di bawah tim supporting. Di depan seluruh kepala tim atau departemen, produser akan menjelaskan gagasan suatu acara yang telah disepakati. Dalam meeting pra produksi ini produser harus benar – benar berkompeten agar kedepanya tidak ada hal yang tidak dipahami oleh seluruh crew. Kemudian produser akan mengadakan technical meeting untuk pihak – pihak yang terlibat dalam pembuatan produksi.
            Selanjutnya memasuki pra produksi yaitu naskah dan rundown yang dibentuk oleh tim kreatif akan segera disupervisi oleh produser. Sehingga kalau ada kekurangan produser akan meminta tim kreatif ntuk memperbaikinya. Atau bahkan produser itu sendiri yang memperbaiki naskah tersebut. Karena produser harus bisa membuat atau menulis naskah.
            Dalam pengerjaan produksi, produser akan mengatur atau menentukan penataan kamera, penataan cahaya, dan penataan audio. Produser juga harus mengatur set sutio dan set non studio yang harus telah siap untuk melakukan shooting. Selain itu produser juga harus menentukan tugas – tugas seperti apa yang akan diberikan kepada masing  masing crew yang tadi telah dibentuk. Besar kecilnya suatu produksi seorang produser pasti memerlukan asisten produser untuk berdiskusi dan melakukan pembagian kerja yang dapat meringankan perkerjaan produser. Ada dua macam tipe tayang yaitu siaran langsung dan siaran tunda atau taping.
Kemudian di tahap paska produksi produser memberi gambaran dan arahan kepada editor entang konsep yang telah dibuat. Menyunting gambar bukan hanya menyambung dan memotong gambar tetapi merupakan story teller yang dapat berbicara dalam bahasa gambar. Oleh karena itu pada dasarnya produser harus memiliki passion di bidang teknologi informasi. Kemudian materi hasil shoot oleh tim editor akan diberikan kepada tim paska produksi. Selanjutnya produser harus mensupervisi materi yang akan ditayangkan agar sesuai dengan konsep yang dipegang.

            Seorang produser harus mempunyai jiwa kepimpinan yang tinggi. Selain itu kemampuan managerial, kebijaksanaan, bertanggung jawab dan komunikasi yang baik juga harus dimiliki oleh seorang produser. Tanpa itu semua produksi tidak akan berjalan lancar atau bahkan tidak dapat teselesaikan. Tayangan yang berada di televisi adalah bentuk dari banyak kombinasi atau kerja sama yang baik dalam sebuah tim yang telah berhasil terselesaikan dengan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar